Blogger news

Selasa, 04 November 2014

pengertian internet

PENGERTIAN INTERNET




Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.
Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
berikut contoh fasilitas di internet :

Fasilitas internet sebenarnya adalah berbagai metode penerapan yang tersedia di internet dan dapat kita gunakan untuk berbagai kebutuhan. Fasilitas yang ada di internet sendiri terbagi dalam berbagai kategori, dan semua kategori memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.
Email kepanjangan dari email adalah Electronic Mail, atau dalam bahasa indonesia sering disebut dengan Surel yaitu Surat Elektronik. Email adalah layanan untuk berkirim pesan dan menerima pesan secara digital. Email dapat kita peroleh dengan mendaftar pada layanan email seperti gmail.com yang dimiliki oleh google.com, atau mail.yahoo.com milik yahoo.com. kedua layanan email tersebut bisa kita dapatkan secara gratis.
FTP – File transfer protokol merupakan layanan untuk melakukan pengiriman file dengan berbagai ukuran. FTP mengizinkan seseorang memindahkan file dari komputernya ke komputer server melalui jaringan internet. Proses transfer file antar komputer personal ke komputer server kerap disebut dengan download dan upload.
Telnet adalah sebuah proses yang dilakukan oleh protokol jaringan sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi berbasis teks yang berjalan pada mode dua arah dengan menggunakan metode koneksi virtual terminal. Fasilitas internet yang berbasis telnet menurut informasi mengenai ftp yang disebutkan di wikipedia berkembang pada tahun 1969 dan merupakan standar pertukaran file pertama di internet. Namun pada saat ini Telnet sendiri sudah jarang digunakan karena memiliki resiko keamanan yang tinggi, dan sudah tergantikan dengan metode SSH yang dipercaya memiliki tingkat keamanan yang baik.
World Wide Web atau WWW Fasilitas internet www, adalah fasilitas yang paling populer di masa sekarang, dan merupakan fasilitas yang menjadi tonggak utama perkembangan teknologi internet. Hal ini membuat banyak orang menganggap WWW adalah sama dengan internet. Padahal sebenarnya adalah WWW hanya merupakan bagian dari internet. WWW berguna untuk menyediakan informasi dan data sehingga dapat digunakan bersama-sama. Informasi dan data berformat html ini tersimpan dalam server yang tersebar di seluruh dunia. Singkat penjelasan WWW adalah kumpulan dokumen yang saling berkaitan dengan metode hypertext yang memungkinkan pengguna fasilitas internet www dapat berpindah dari dokumen awal ke dokumen lainnya.
Kesemua fasilitas yang disebutkan diatas, membutuhkan koneksi internet untuk penggunaanya. Kecepatan internet yang kita miliki sangat berpengaruh ketika menggunakan setiap fasilitas yang ada di internet.

0 komentar:

Posting Komentar